Kamis, 18 Oktober 2012

Reportase Koperasi

Dalam rangka menyelesaikan tugas softskill mata kuliah Ekonomi Koperasi yaitu membuat reportase langsung tentang salah satu koperasi, tepatnya pada hari Kamis, 18 Oktober 2012 saya bersama teman-teman mendatangi suatu koperasi yang bernama Koperasi Swamitra.
Koperasi Simpan Pinjam Jasa Utama Swamitra ini terletak di Gedung Satria (Golden Stick) Lt. 1, Jl. Akses UI No.26 Kelapa Dua Depok yang kebetulan berdekatan dengan kampus E Universitas Gunadarma.
Disana saya bersama teman-teman menemui salah seorang narasumber yang juga merupakan manager dari Swamitra Koperasi yaitu Bapak Taufik. Arti Koperasi sendiri menurut beliau sebagai salah satu soko guru perekonomian Indonesia yang diharapkan dapat mendorong perekonomian di Indonesia.
Bapak Taufik juga menjelaskan koperasinya ini telah berdiri sejak tahun 2005 dan didirikan oleh 20 orang. Dalam kurang lebih 7 tahun ini koperasinya juga sudah mempunyai anggota sekitar 500 anggota. Belakangan ini terdengar kabar hampir 20 koperasi yang berada di daerah Depok terutama banyak yang di tutup, menyikapi hal tersebut menurutnya mungkin koperasi-koperasi yang ditutup tersebut kurang pengetahuan akan manajemen koperasi, legalitas, kredit macet dan mungkin SDMnya yang kurang mendukung.
Swamitra Koperasi yang juga merk brandnya Bank Bukopin ini awalnya mendapatkan modal yang berasal dari modal tetap dan modal tidak tetap. Modal tidak tetap itu sendiri di dapat dari pihak Bank Bukopin. Keuntungan atau Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dapat diperoleh dari koperasi ini yaitu sebagian menjadi laba di tahan, deviden, modal, dan sebagian lagi dibagi ke anggota koperasi. Atas kerja samanya dengan Bank Bukopin tersebut dan mensupply IT dalam koperasinya juga menjadi kelebihan dari Swamitra Koperasi ini. 
Swamitra Koperasi beroperasi setiap senin s/d jum'at, buka pada pukul 08.00-17.00. Koperasi ini dapat memberikan pinjaman mulai dari Rp 1.000.000 s/d Rp 150.000.000, selain itu bunga yang diberikan untuk pinjaman sekitar 1,7%.
Persyaratan umum bagi yang ingin meminjam di koperasi ini yaitu:
  • Foto Copy KTP 
  • Foto Copy Surat Nikah/Cerai (bagi yang sudah menikah/cerai)
  • Foto Copy KK
  • Foto Copy Rekening Listrik
  • Foto Copy Jaminan
Pilihan Jaminan:
  • BPKB Mobil/Motor (dan kelengkapannya: Kwitansi, Faktur dan Foto Copy STNK)
  • Sertifikat Tanah/Bangunan (dan kelengkapannya: IMB, PBB Terakhir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar